Minggu, 31 Maret 2013

Someday In Logawa


Enjoy itu sederhana. Dimulai dari perjalanan saya menuju kampung halaman bokap di Yogyakarta. Berangkat jam 6 pagi dengan modal tanpa tidur itu rasanya seperti ditonjokin Mike Tyson. Pusing, ngantuk dan mata sepet menemani perjalanan saya di atas kereta. Sampai akhirnya kereta berhenti di Kota Surabaya. Datanglah tiga orang penumpang yg duduk berdekatan dengan saya. Ada suami istri dan seorang mahasiswi. Awalnya ya canggung lah pastinya. Namanya juga orang baru kenal. Tapi suasana pecah setelah Ibu Putut, ibu yg merupakan istri Pak Putut dan ibu yg duduk didepan saya memulai percakapan. Beliau bertanya kepada saya dan kepada mahasiswi di samping saya,
"Pada turun mana mas mbak?" Saya jawab, "Saya turun Jogja bu." "Saya juga Jogja bu." Tambah si mahasiswi. "Oalah pada mau liburan ya?" Lanjut Bu Putut. Sebenernya saya gak lagi liburan kok. Saya ke Jogja itu gegara ada acara lamaran sepupu saya. Berhubung dari keluarga saya tidak ada yg bisa datang, jadilah saya yg lagi libur diberi amanah. Saat itu, mata saya bener-bener lagi beraaaat banget. Susah buat dibuka. Tapi Bu Putut terus menanyai saya. Saya pun dengan berusaha keras untuk menjawabnya sembari tersenyum. Enggak tau kenapa, eeh Bu Putut langsung cerita gitu aja. Namanya orang ngantuk diceritain, ya tambah tidur kan. Bu Putut terus bercerita tentang keluarganya dan saya dan mahasiswi di samping saya yg sama2 ngantuk berusaha keras untuk menyimaknya. Lama kelamaan, cerita bu putut ternyata semakin lucu dan menarik. Beliau bercerita tentang masa mudanya.Masa muda beliau sebelum dipinang oleh Pak Putut. Saya pun akhirnya jadi wartawan dadakan yg seakan mewancarai seorang responden. Dan tak lama, mahasiswi di samping saya juga ikut nimbrung lagi meskipun dia sempet tertidur sejenak. Kami berdua sangat antusias mendengar cerita Pu Putut yg acap kali ditambahkan oleh Pak Putut. Kami berempat menjadi penumpang yg paling heboh, paling rame dan paling gak bisa diam. Rasa kantuk saya hilang dengan sekejap menyimak Bu Putut bercerita. Indah cerita Bapak dan Ibu Putut itu. Tapi sayangnya kebersamaan saya dengan mereka tidak lama. Mereka sudah turun di Madiun. Dan saya merasa suasana kembali jadi sepi. Si mahasiswi juga orangnya pendiem. Jadi mau ngajak ngobrol juga sungkan. Tapi meskipun singkat, kehebohan kami berempat sungguh menyenangkan. Di saat penumpang lain pada tidur dan makan, kami terus-terusan ngobrol seru sambil tertawa. Terima kasih ya Bu Putut yang bikin suasana perjalanan saya menjadi gak boring. Sayang, gak sempet foto bareng. :( (ATY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar