Selasa, 25 September 2012

Menurutku..!!

Sedikit tertarik mataku saat melihat tulisan Live, Love, Laugh. Tiga kata penuh arti tersirat di kehidupan semua insan manusia. Kata yang mempunyai arti dalam jika kita menafsirkannya secara benar. Tiga kata itu merupakan anugerah yang tiada duanya jika kita mendapatkannya di kehidupan nyata.

Live, menurutku inilah kata yang memulai segala pengalaman yang telah, akan dan sedang kita alami saat ini. Jelas, karena adanya kehidupan lah kita dapat melihat isi dunia yang luas sehingga kita berkesempatan untuk berpetualang di dalamnya. Semakin dalam kita memaknai arti hidup ini sebenarnya, semakin dalam pula imajinasi kita tentang kehidupan kita di masa yang akan datang. Tujuan, harapan dan mimpi menjadi penting saat kita paham bahwa waktu tak akan pernah kembali. Hidup itu bukan pilihan, tapi pilihan tak pernah jauh dari hidup.



Love. Cinta dan rasa saling mengasihi menjadi bumbu pelengkap yang menemani hidup kita. Apa jadinya jika kita tak mempunyai cinta dan kasih sayang. Hampa? Jelas. Tak akan ada kehidupan apalagi menemukan arti kehidupan. Cinta tidak selalu kita hibahkan kepada pasangan hidup kita, tapi cinta itu universal dan unlimited yang dapat dirasakan dan dibagikan kepada semua orang. Entah untuk keluarga, teman, sesama manusia dan bahkan cinta kepada Sang Pencipta. Semua orang berhak untuk mencintai dan dicintai karena cinta itu tulus dari hati, bukan dari akal. Yang membedakan dari setiap orang adalah seberapa dalam cinta yang bisa diberikan kepada orang lain. Karena cinta tak pernah diketahui kedalamannya. Kita bisa memberikan cinta yang luar biasa kepada orang lain, tapi orang lain itu belum tentu membalas cinta kita dengan luar biasa juga. Ada yang hanya sekadar cinta yang hanya cinta dan ada juga yang membalas dengan cinta yang sangat dan amat luar biasa. Karena cintalah kita dapat mengenal apa yang dinamakan keluarga, teman bahkan pendamping hidup. Cinta itu suci, sakral dan indah. Tapi cinta itu bukan barang obral. Hanya diri kita yang tau mana orang yang pantas kita cintai secara lebih dan mana orang yang hanya pantas mendaptkan secuil dari cinta kita.

Laugh. Inilah hadiah kita jika kita dapat menjalankan hidup ini dengan benar dan sesuai mimpi dan angan-angan kita. Kebahagiaan. Siapa yang tak ingin hidupnya diselimuti kebahagiaan? Orang bodoh jawabannya. Bahagia itu tak bisa diukur dengan hanya melihat apa yang nampak oleh mata. Bahagia itu hanya dapat dirasakan oleh orang yang menjalani kehidupannya masing-masing. Orang lain tak pernah tau apa kita bahagia atau tidak. Kita yang menjalani dan hanya kita yang bisa merasakannya. Sederhana? Ya, bahagia itu tak pernah rumit. Hanya dengan bersyukur lah kita dapat memahami arti dari kebahagiaan yang sebenarnya.

Itu hanya menurutku sih. Dan kembali lagi bahwa setiap orang mempunyai penafsiran sendiri tentang tiga kata itu. Yang jelas apa yang aku rasakanlah yang aku tuangkan untuk tiga kata itu. Karena Live, Love, Laugh adalah sebuah diagram alur sederhana yang akan dicari oleh semua manusia karena hidup itu adalah cinta dan bahagia.

2 komentar:

  1. Live, love, laugh, tambah satu lagi derita..
    Karena hidup selalu berputar...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus