Senin, 23 April 2012

Semangat Tua Si JOJO

      Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Selain karena lebih enak untuk dibawa saat kerja atau sekolah, motor juga lebih irit dan harganya lebih murah. Semakin ke sini, jenis motor pun lebih variatif dan inovatif. Mulai dari model sporty, futuristik sampai racing. Terus bagaimana kabar dari sepeda motor yang udah tua? Memang jumlah pemakainya sudah turun drastis dari tahun ke tahun. Tapi itu bukan berarti penggunanya sudah tidak ada. Pengguna vintage bikes atau motor klasik pada saat ini adalah yang benar-benar cinta motor tersebut atau bahkan memang kolektor motor tua tersebut.


Sebagian besar pecinta motor tua membentuk suatu kelompok yang isinya adalah para pecinta motor tua tersebut. Suatu contohHONDA CLUB C-50, C-70, C-90 INDONESIA (HCI), sebuah komunitas pecinta motor tua jenis C series brojolan Honda. Isinya ya para pecinta motor jenis C-50, C-70, C-90 dll. Saya termasuk yang menjadi anggotanya di FaceBook. Pertanyaannya adalah Apa sih enaknya menunggangi motor tua? Saya juga gak tahu benar apa alasan yang paling banyak diutarakan dari para pecinta motor tua tersebut. Tapi saya punya alasan sendiri untuk menjawab pertanyaan itu.


      Motor tua memang tidak secanggih dan setangguh motor yang baru muncul saat ini. Tapi motor tua mempunyai chemistry yang kuat bagi para penunggangya. Chemistry macam apa? Suatu keselarasan antara hati sang penunggang dengan motor itu sendiri. Saya sendiri menunggangi motor C-70 keluaran Honda tahun 1979 yang saya beri nama Si JOJO. Memang usia motor saya sudah tua dan semuanya masih orisinil. Tapi motor saya selalu sedia untuk mengantar kemana saya mau pergi. Entah itu hujan atau cerah, panas ataupun dingin bahkan jauh sekalipun. Saya juga merasa lebih PeDe menunggangi Si JOJO meskipun modelnya jadul bangetzz. Saya juga sangat bangga memiliki Si JOJO. Di samping saya memang dari dulu suka dengan C-70, kebanggan saya jadi berlipat karena Si JOJO adalah hasil dari susah payah saya sendiri. Ya, saya mendapatkan Si JOJO dari uang tabungan saya sendiri yang saya kumpulkan dari uang saku dan kerja serabutan saya. Dan asalkan kalian tau, orang tua saya sampai sekarang belum tau kalo saya beli motor sendiri dengan alasan takut dimarahi. Hehehe... Motor tua juga mempunyai kesan tersendiri saat merawatnya. Mulai dari yang sering ngadat, nyari onderdil yang susah sampai tenaga yang lambat laun mulai berkurang. Tapi di situ lah seninya. Ada kesan tersendiri jika kita bisa menghidupkan kembali motor tua kita yang lagi "sakit", terlebih lagi kalo kita bisa mempercantik motor tua tersebut.

      Itu sih alasan saya kenapa saya suka dengan motor tua, terutama pada Si JOJO. Mungkin alasan saya memang sedikit agak "kacau", tapi memang itulah adanya. Setiap orang pasti punya alasan dan pemikiran tersendiri mengenai hal tersebut. Yang jelas motor tua itu asyik, berkesan, bikin penasaran dan santai. Sampai saat ini, ketika saya jalan ke manapun, saya selalu mendapat tanggapan positif dari orang lain yang melihat saya menunggangi Si JOJO meskipun saya gak kenal sama orang itu. Semoga kebersamaan saya dengan Si JOJO dapat bertahan lama sampai Si JOJO berada di batas kekuatanya. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar